obat kolesterol

Jenis Obat Herbal Menurunkan Kolesterol

Ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, kelebihannya cenderung menumpuk di sepanjang dinding arteri, yang kemudian menyempit, yang menyebabkan obstruksi aliran darah. Ketika otot jantung tidak mendapat cukup darah, masalah muncul. Kadang-kadang kadar kolesterol yang tinggi disebabkan oleh genetika, obesitas, gaya hidup menetap, penyalahgunaan alkohol, stres kronis atau, umumnya, pola makan yang buruk.

Apa pun penyebabnya, kolesterol tinggi menyebabkan penyakit jantung. Ada banyak cara Anda dapat menurunkan kadar kolesterol Anda, salah satunya adalah konsumsi jamu. Berikut adalah obat herbal menurunkan kolesterol paling umum yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol, dan karena itu, risiko Anda terkena penyakit jantung.

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah herbal nomor satu ketika datang untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasi ke jantung. Studi ekstensif telah dilakukan pada ramuan populer ini karena kemampuannya untuk mengatur kolesterol dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ia berhasil menurunkan kolesterol darah dengan beberapa persen poin, dan yang lain menunjukkan bahwa ketika bawang putih dikonsumsi secara sering (setiap hari), kadar kolesterol turun bahkan lebih drastis.

  1. Policosanol

Senyawa penurun kolesterol ini sebenarnya berasal dari tebu. Ada varietas lain yang terbuat dari lilin lebah, tetapi jenis yang dibuat dari lilin lebah belum terbukti mengurangi kadar kolesterol. Jika Anda ingin mengkonsumsi suplemen ini, pastikan produk menyatakan bahwa itu diambil dari tebu.

  1. Kunyit

Ekstrak kuat dari kunyit, kurkumin, dikenal untuk melindungi tubuh dari aterosklerosis. Kurkumin juga menekan penumpukan kolesterol dalam darah. Akar tanaman kunyit menurunkan kadar kolesterol sampai ke titik yang dapat sangat mengurangi peluang Anda terkena penyakit jantung.

  1. Beras Ragi Merah

Beras ragi merah telah terbukti menurunkan kolesterol dalam studi dan baru-baru ini ditemukan di beberapa suplemen. Anda akan menemukan suplemen beras ragi merah di toko makanan kesehatan setempat.

  1. Fenugreek

Fenugreek telah digunakan untuk meningkatkan pencernaan setidaknya selama seribu tahun dan telah terbukti tidak hanya menurunkan kolesterol darah, tetapi juga menurunkan kadar gula darah. Ekstrak fenugreek, etil asetat, telah terbukti mengurangi kolesterol total, LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida sambil meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Ini karena fenugreek memiliki fenolik dan flavonoid tinggi. senyawa. Studi mendukung bahwa fenugreek memiliki efek hipokolesterolemik dan aktivitas tinggi antioksidan kuat.

 

 

  1. Licorice

Licorice adalah ramuan kuat lainnya yang sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk menentukan efektivitas licorice pada tingkat kolesterol dan hampir setiap studi menegaskan bahwa ramuan ini luar biasa. Bahkan American Cancer Society menyatakan bahwa licorice merupakan sumber flavonoid, yang efektif ketika menurunkan kadar kolesterol total.

Ramuan ini juga muncul untuk mencegah penumpukan kolesterol sepanjang dinding arteri. Salah satu bahan aktif dalam licorice, glabridin, memainkan faktor utama dalam menunda oksidasi kolesterol LDL, yang dianggap sebagai salah satu agen utama yang berkontribusi terhadap peningkatan kadar penumpukan kolesterol di arteri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *