5 Alasan Mengapa Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis

5 Alasan Mengapa Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis

Cincin kawin selalu disematkan pada jari manis pasangan. Entah di daerah mana saja, dalam pernikahan ada apa saja, cincin itu selalu dipasang pada jari manis. Biasanya cincin tunangan disematkan di jari manis sebelah kiri, kemudian ketika resepsi pernikahan dipasangkan di jari manis tangan kanan. Pernah tidak Anda berpikir alasan mengapa harus di jari manis? Mengapa bukan di kelingking atau jari telunjuk?

Segala sesuatu tentu memiliki alasan dibaliknya. Apalagi penggunaan cincin ini merupakan sebuah tradisi yang berasal dari zaman Mesir kuno dahulu. Ada banyak alasan dimulai dari segi klasik dan lainnya yang mendasari aturan ini. Supaya tidak penasaran lagi, langsung saja baca uraian di bawah ini.

Mengapa Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis?

Karena Jari Manis Adalah Jari yang Memiliki Pembuluh Darah Vena Menuju Jantung

Jari manis bisa dikatakan jari yang paling dekat dengan jantung. Pembuluh darah vena tersebut dinamakan vena amoris atau vena cinta. Filosofi ini sudah dipercaya semenjak aman Romawi Kuno.

Telah Ditetapkan Sebagai Jari Cincin Hubungan

Masing-masing jari mewakili sebuah fungsi tersendiri. Pada tahun 1549 jari manis telah ditetapkan sebagai jari untuk cincin hubungan. Keputusan tersebut sudah tersebar hingga ke seluruh dunia.

Di Indonesia, Dianggap Demi Kekokohan Rumah Tangga

Di beberapa negara, banyak yang memasangkan cincin kawin di tangan kiri karena merupakan tangan yang jarang digunakan. Akibatnya cincin yang berada di jari manis kiri akan tetap terjaga dengan aman. Sementara di Indonesia sendiri memilih untuk memasangkan cincin tersebut pada jari manis tangan kanan. Filosofinya adalah karena tangan kanan merupakan tangan yang paling sering digunakan. Sehingga seseorang yang selalu ingat pada pasangannya setiap beraktivitas.

Karena Jari Manis Memiliki Standar Dimensi Terukur

Secara ilmu anthropometri, jari manis memiliki standar besar atau ketebalan yang bisa diukur. Tidak sama dengan jari-jari lainnya yang bisa sangat berbeda-beda. Sehingga Anda bisa memilih ukuran cincin dengan mengukur jari manis Anda terlebih dahulu.

Karena Jari Manis Adalah Pasangan Jari yang Susah Dibuka Lebar Tanpa Mengganggu Jari Lainnya.

Jawaban klasik ini berasal dari filosofi Tiongkok. Filosofinya adalah cincin pernikahan harus diletakkan pada tempat yang sulit untuk dipisahkan demi melambangkan cinta dengan pasangan. Sehingga jari manis digambarkan sebagai sepasang kekasih yang tidak terpisahkan.

Penjelasan lebih detailnya bisa Anda praktekkan dengan mengatupkan kedua tangan. Kemudian lipatlah jari tengah lalu coba untuk menarik kedua ibu jari menjauh. Lakukan pada jari lainnya hingga Anda merasakan bahwa tidak mudah membuka jari manis tanpa mengganggu jari lainnya.

Nah, sekarang sudah tahu filosofi mengapa cincin pernikahan diletakkan pada jari manis bukan? Jika Anda sedang cincin kawin yang indah dan pastinya membuat resepsi pernikahan Anda makin tidak terlupakan, langsung saja beli di www.whizliz.com ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *